Riwayat Pendidikan dan Pekerjaan

Saya lahir di Lamongan, Jawa Timur.  Setelah belajar di Madrasah Ibtidaiyyah saya melanjutkan pendidikan di Pondok Modern Gontor, Ponorogo, Jawa Timur. Saya menempuh Pendidikan Sarjana dalam bidang Akidah dan Filsafat di Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir.  Setelah 5 tahun, saya meninggalkan Kota Seribu Menara itu, menuju negara jiran, Malaysia, untuk melanjutkan Pendidikan Pascasarjana. Di Malaysia saya menyelesaikan S2 dalam bidang Ilmu Wahyu dan Warisan Islam dari International Islamic University Malaysia (IIUM). Sejak lulus S2, mendapat kesempatan mengajar sebagai pensyarah (dosen) di Matriculation Center, IIUM. Sambil mengajar  saya melanjutkan program S3 dalam bidang Akidah dan Pemikiran Islam di Universiti Malaya (UM). Setelah lulus S3, saya meninggalkan Malaysia dan IIUM, tempat di mana saya berkhidmat dalam bidang akademik selama hampir enam tahun. 

Pada tahun 2004 saya memulai karir di Indonesia. Pertama-tama, mengajar sebagai dosen honorer di Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta dan program Pascasarjana Universitas Ibnu Khaldun (UIKA) Bogor. Kemudian bekerja sebagai konsultan bidang pendidikan masyarakat di Direktorat Pendidikan Masyarakat, Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidkan Luar Sekolah, Departemen Pendidiakan Nasional (Depdiknas). Selanjutnya, bekerja sebagai konsultan bidang ESD (Education for Sustainable Development) di UNESCO Jakarta. Pada tahun 2006 menjadi dosen tetap (PNS) di UIN Jakarta, dan pada saat yang sama masih tetap membantu sebagai tenaga pakar di bidang pendidikan nonformal pada Direktorat Pendidikan Kesetaraan, dan kemudian pada Direktorat Pendidikan Masyarakat, Ditjen Pendidikan Nonformal dan Informal, Depdiknas dan sebagai contract based consultant di UNESCO untuk pengembangan pendidikan di Timor Leste. Dari tahun 2009-2015 saya menjalankan tugas sebagai Pembantu Dekan bidang Akademik Fakultas Dirasat Islamiyah, UIN Jakarta.  

Sejak Mei 2015, saya di UIN menjadi dosen tanpa dengan tugas tambahan. Sejak itu, selain menjadi dosen, saya membantu BSNP (Badan Setandar Nasional Pendidikan) sebagai Tim Ahli, saya juga membantu sebagai Narasumber Teknis di Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, selain itu saya juga membantu sebagai narasumber di LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan), Kementerian Keuangan.

Sub-laman (1): Perjalanan
Comments